Sumber Gambar : Pixabay.comAnalisis SWOT : Pengertian, Faktor, Diagram, dan Jenis Strategi |
Pengertian Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.
Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats).
Jenis atau Model Analisis SWOT
1. Model Kuantitatif
Rumusan Strengths (S), harus selalu memiliki satu pasangan Weaknesses (W) dan setiap satu rumusan Opportunities (O) harus memiliki satu pasangan Threaths (T).
2. Model Kualitatif
Rumusan SWOT yang dibuat lebih bebas dan tidak memiliki hubungan satu sama lain. Maksudnya ialah Strengths tidak dihubungkan dengan Weakness atau Opportunities tidak dihubungkan dengan Threats.
Faktor yang Memengaruhi Analisis SWOT
Faktor internal (kekuatan dan kelemahan) yang memengaruhi analisis SWOT ialah :
1. Sumber daya yang dimiliki
2. Keuangan atau Finansial
3. Kelebihan atau kelemahan internal perusahaan
4. Pengalaman-pengalaman perusahaan sebelumnya (baik yang berhasil maupun yang gagal)
Faktor eksternal (peluang dan ancaman) yang memengaruhi analisis SWOT ialah :
1. Tren
2. Budaya, Sosial Politik, Ideologi, perekonomian
3. Sumber-sumber permodalan
4. Peraturan Pemerintah
5. Perkembangan Teknologi
6. Peristiwa-peristiwa yang terjadi
7. Lingkungan
4 Analisis SWOT
Terdapat 4 poin dalam analisis SWOT yaitu :
Strength (Kekuatan)
Strength merupakan situasi/kondisi kekuatan yang dimiliki perusahaan dan bisa memberikan pengaruh positif di masa kini atau masa mendatang. Panduan pada Strength ialah
1. Kelebihan apa yang dimiliki oleh perusahaan ?
2. Apa yang membuat perusahaan lebih baik dari perusahaan lainnya?
3. Keunikan apa yang dimiliki oleh perusahaan ?
4. Apa yang menyebabkan kita mendapatkan penjualan ?
5. Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelebihan ?
Weakness (Kelemahan)
Weakness merupakan situasi/kondisi kelemahan yang dimiliki perusahaan dan bisa memberikan pengaruh negatif di masa kini atau masa mendatang. Panduan pada Weakness ialah
1. Apa yang dapat ditingkatkan dalam perusahaan ?
2. Apa yang harus dihindari oleh perusahaan ?
3. Faktorapa yang menyebabkan kehilangan penjualan ?
4. Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelemahan perusahaan kita ?
5. Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari perusahaan kita ?
Opportunities (Peluang)
Opportunities merupakan faktor eksternal dalam lingkungan bisnis yang cenderung berkontribusi pada kesuksesan bisnis. Panduan pada Opportunities ialah
1. Kesempatan apa yang dapat kita lihat ?
2. Perkembangan tren apa yang sejalan dengan perusahaan kita ?
Threats (Ancaman)
Threats merupakan faktor eksternal yang tidak dapat dikendalikan. Panduan pada Threats ialah
1. Hambatan apa yang kita hadapi sekarang ?
2. Apa yang dilakukan oleh pesaing perusahaan ?
3. Perkembangan Teknologi apa yang menyebabkan ancaman bagi perusahaan ?
4. Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan perusahaan ?
SWOT Analysis Diagram
Berdasarkan diagram tersebut, dapat dideskripsikan analisisnya sebagai berikut.
Kuadran I merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Perusahaan sedang memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.
Kuadran II merupakan situasi perusahaan sedang dalam menghadapi berbagai ancaman namun sudah memiliki kekuatan untuk mengatasi ancaman.
Kuadran III merupakan situasi perusahaan sedang menghadapi peluang pasar yang besar, tetapi menghadapi beberapa kelemahan. Fokus pada kondisi ini ialah meminimalkan masalah-masalah atau kelemahan perusahaan.
Kuadran IV merupakan situasi yang tidak menguntungkan. Perusahaan sedang menghadapi berbagai ancaman dan kelemahan.
Jenis Strategi pada Analisis SWOT
Matriks SWOT merupakan alat pencocokan yang penting dan membantu para manajer mengembangkan empat tipe strategi, yaitu sebagai berikut :
Strategi SO (Strength and Opportunities) merupakan strategi yang digunakan perusahaan dengan memanfaatkan kekuatan perusahaan untuk menarik keuntungan dari peluang.
Strategi WO (Weakness and Opportunites) merupakan strategi yang digunakan perusahaan untuk memperbaiki kelemahan dengan cara mengambil keuntungan dari peluang.
Strategi ST (Strength and Threats) merupakan strategi yang digunakan perusahaan dengan memanfaatkan kekuatan untuk menghindari atau mengurangi dampak ancaman.
Stretegi WT (Weakness Threats) merupakan strategi yang digunakan perusahaan untuk mengurangi kelemahan dan menghindari ancaman.
Terima kasih telah membaca artikel Analisis SWOT : Pengertian, Faktor, Diagram, dan Jenis Strategi. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca artikel berikut juga ya.
Baca Juga :
Buku Paket Perencanaan Bisnis dengan Penulis Sri Lestari, M.Pd dari Hal. 21 - 26
1 Komentar
Informasi yang bermanfaat
BalasHapushttps://rivewbeauty.blogspot.com/?m=1