pengertian-manfaat-bauran-pemasaran-konsepnya-hal-gatewood-unsplash-kak-reksy
Sumber Gambar : Unsplash.com

Pengertian, Manfaat, & Konsep Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 4P+3P


Pengertian Bauran Pemasaran

Bauran Pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya. Bauran tersebut adalah suatu set variabel dalam rencana pemasaran yang dapat dinyatakan dalam bentuk 4P yaitu product, price, place, & promotion. Bauran pemasaran adalah jantung dari sebuah perencanaan. Tantangan dari perencanaan pemasaran adalah pengoptimalan bauran dengan menyesuaikan setiap variabel serta anggaran untuk setiap variabel dan memaksimalkan nilai bagi konsumen dan kontribusi bagi perusahaan dapat diukur dalam penjualan dan laba.

Manfaat Bauran Pemasaran

Manfaat dari bauran pemasaran ini diantaranya;
  • Menyederhanakan dan menyatukan berbagai kegiatan pemasaran menjadi satu, sehingga pemasaran lebih mudah untuk dilakukan dan dikelola
  • Pemilik bisnis dapat mengetahui elemen dalam pemasaran agar sumber daya yang digunakan dapat disesuaikan 
  • Pemilik bisnis dapat membagikan tugasnya dengan sesuai
  • Dapat menganalisis keuangan dengan optimal

Konsep Bauran Pemasaran

Konsep bauran pemasaran atau marketing mix awalnya hanya memiliki 4 variabel yaitu product, price, place, & promotion. Namun seiring perkembangan zaman, saat ini bauran pemasaran tersebut mengalami perubahan. Pada akhirnya pakar marketing Boom dan Bitner menambahkan bauran pemasaran dalam bisnis jasa  menjadi 7P yaitu product, price, place, promotion, process, & physical evidence.

Product (Produk)

Produk ialah sesuatu yang ditawarkan atau dijual oleh produsen atau perusahaan. Baik itu berupa barang atau jasa serta memiliki nilai guna yang dibutuhkan oleh konsumen. Produk yang dijual oleh perusahaan harus bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Selain itu, sebuah produk juga harus memiliki pembeda dengan produk lain agar memiliki keunggulan tersendiri. Agar konsumen lebih memilih produk yang perusahaan jual. 

Price (Harga)

Harga ialah nilai sesuatu barang atau jasa yang dinyatakan dalam jumlah uang. Harga merupakan bahan pertimbangan konsumen dalam membeli suatu produk. Oleh karena itu, harga membutuhkan pertimbangan yang baik dan matang. 

Promotion (Promosi)

Promosi ialah persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang kepada tindakan kegiatan pemasaran. Tujuan utama dari promosi ialah agar konsumen lebih mengenal produk yang dijual perusahaan. Promosi bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu daring atau luring. 

Place (Tempat)

Tempat yang dimaksud ialah lokasi terjadinya proses jual beli produk. Konsep ini sangat penting terutama bagi usaha konvensional. Perusahaan dengan bisnis konvensional harus paham betul di mana lokasi yang strategis. Selain itu pada konsep ini juga berhubungan dengan kegiatan distribusi.

Process (Proses)

Aspek proses merupakan gabungan dari keseluruhan aktivitas. Mulai dari prosedur, jadwal pekerjaan, aktivitas, mekanisme, serta hal-hal rutin lainnya. Seluruh aktivitas tersebut berhubungan dengan produk yang dihasilkan serta disampaikan kepada konsumen.

People (Orang)

Yang dimaksud people disini tentu bukan hanya konsumen saja. Namun seluruh SDM yang terlibat, termasuk pekerja hingga tim bisnis. Khusus untuk aspek ini sangat penting untuk diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan setiap orang tentunya punya kecenderungan yang berbeda dalam mengelola bisnis.


Physical Evidence (Bukti Fisik)

Physical evidence yaitu semua perangkat yang digunakan sebagai pendukung berjalannya sebuah bisnis. Untuk bisnis skala besar, sudah pasti semakin banyak membutuhkan perangkat.

Agar analisis bauran pemasaran berjalan dengan baik dan tepat perusahaan baiknya melakukan setiap konsep dengan baik dan maksimal. Semoga bermanfaat. Jangan lupa juga baca artikel berikut agar wawasan Kamu lebih luas. 

Baca juga (Sumber Materi) :