siklus-hidup-produk-laura-chouette-unsplash-kak-reksy
Sumber : Unsplash.com

MEMAHAMI SIKLUS HIDUP PRODUK (PRODUCT LIFE CYCLE)

Dengan mempelajari siklus kehidupan produk dapat diperkirakan permasalahan yang dihadapi dalam pemasaran suatu produk, sehingga dapat dirumuskan strategi pemasaran produk tersebut secara lebih baik. Siklus kehidupan produk bermanfaat untuk penerapan strategi pemasaran yang efektif bagi suatu produk apabila telah diketahui pada tahap mana produk tersebut berada. Suatu produk dikatakan berhasil/sukses dalam pemasarannya apabila mengalami tahap-tahap dalam siklus kehidupan produk, yang terdiri dari tahap perkenalan, pertumbuhan, dan kemunduran. 

siklus-hidup-produk-kakreksy

1. Tahap Perkenalan (Introduction)

Pada tahap ini produk baru saja diperkenalkan ke pasar, belum diketahui oleh seluruh pasar sehingga marketing mix  yang dilaksanakan adalah promosi, yang bertujuan untuk memberitahu atau mendorong calon konsumen/pembeli untuk mencoba produk tersebut. 

2. Tahap Pertumbuhan (Growth)

Pada tahap ini produk sudah mulai dikenal dan diterima oleh pasar dengan cepat, dan meningkatnya penjualan sehingga strategi marketing mix beralih pada usaha untuk membuka saluran distribusi. 

3. Tahap Kedewasaan (Maturity)

Pada tahap ini persaingan makin ketat di mana terdapat produk saingan yang memasuki pasar, sehingga strategi marketing mix lebih menekankan pada harga dan promosi khusus yang dapat menarik perhatian pembeli pada produknya dan untuk mempertahankan posisi produk tersebut di pasar.

4. Tahap Kemunduran (Decline)

Pada tahap ini penjualan mulai menurun, namun perusahaan mendesain kembali produknya atau mengurangi biaya-biayanya sehingga tetap dapat memberikan kontribusi pada perusahaan. Jika produk tersebut sudah tidak menguntungkan lagi, perusahaan harus memutuskan apakah terus mempertahankan meskipun rugi atau mengganti dengan produk lain yang lebih menguntungkan.

Panjangnya siklus kehidupan produk berbeda-beda/tidak selalu sama menurut jenis produknya. Panjang waktu pada masing-masing tahap juga juga berbeda-beda, tergantung pada tingkat penerimaan/pengakuan pembeli, jumlah pesaing baru.

Itulah materi mengenai Siklus Hidup Produk atau Product Life Cycle. Terima kasih telah membaca. Semoga bermanfaat. 

Baca Juga :

Sumber Materi :
Lestari, Sri. 2019. Perencanaan Bisnis. Malang : Quantum Book