strategi-produk-pengertian-jenis-jenis-austin-distel-unsplash-kakreksy
Sumber Gambar : Unsplash.com

Pengertian dan Jenis-Jenis Strategi Produk

Pengertian Strategi Produk

Strategi produk adalah menetapkan cara menyediakan produk yang tepat bagi pasar yang dituju, sehingga dapat memuaskan konsumen dan meningkatkan keuntungan perusahaan dala jangka panjang. Tujuan utama strateti produk ialah untuk mencapai target pasar ang dituju dengan meningkatkan kemampuan mengatasi persaingan. 

Jenis-Jenis Strategi Produk

Secara garis besar strategi produk dikelompokkan menjadi 8 yaitu sebagai berikut;

1. Strategi Positioning Product

Strategi positioning product adalah strategi menciptakan bentuk yang unik dalam merebut pelanggan sasaran, sehingga terbentuk citra (image), merek atau produk yang lebih unggul. Contohnya pasta gigi yang memiliki keunggulan untuk menyegarkan mulut atau mobil Volvo yang menekankan sistem keamanan dan durabilitas.

2. Strategi Repositioning Product

Strategi repositioning product adalah strategi mengubah persepsi konsumen relasi brand menjadi kompetisi brand. Strategi ini akan dilakukan jika terjadi 4 kemungkinan yaitu adanya pesaing baru, konsumen telah berubah, ditemukan pelanggan baru, dan terjadi kesalahan. Contoh dari strategi ini ialah Amazon.com dari "World's Largest Bookstore" menjadi "Earth's Largest Bookstore".

3. Strategi Overlap Product

Strategi overlap product adalah strategi menciptakan persaingan terhadap merek tertentu milik perusahaan sendiri. Contohnya Unilever memproduksi pasta gigi dengan merek Pepsodent lalu memproduksi sikat gigi bermerek Pepsodent.

4. Strategi Lingkup Produk

Strategi ini berkaitan dengan perspektif terhadap bauran pemasaran.

5. Strategi Design Product

Strategi design product adalah strategi yang berkaitan dengan dengan tingkat strandardisasi produk. 

6. Strategi Eliminasi Produk

Strategi eliminasi produk adalah produk yang tidak sukses atau tidak sesuai dengan pangsa pasar dan portofolio perusahaan sehingga perlu dihapuskan, karena dapat merugikan perusahaan yang bersangkutan.

7. Strategi Produk Baru

Strategi produk baru adalah strategi produk menyempurnakan dan memodifikasi produk serta merek baru yang dikembangkan melalui usaha riset dan pengembangan.

8. Strategi Diversifikasi 

Strategi diversifikasi adalah strategi mencari dan mengembangkan produk atau pasar yang baru atau keduanya, dalam rangka mengejar pertumbuhan, dan peningkatan penjualan. 


Demikian artikel materi Pengertian dan Jenis-Jenis Strategi Produk. Semoga bermanfaat. Terima kasih.